Saturday, February 21, 2015

Sekilas Tentang Punk Rock


Punk Rock (atau biasanya dikenal dengan sebutan "Punk" aja) adalah genre musik Rock yang dikembangkan antara tahun 1974 dan 1976 di Amerika Serikat, Inggris serta di Australia.

Band Punk biasanya menggunakan lagu-lagu pendek atau cepat atau sebentar aja musiknya dengan melodi dan gaya bernyanyi yang keras, instrumentasi stripped-down, dan sering menggunakan objek politik, anti kemapanan dalam pembuatan liriknya. Punk mencakup etika DIY (BUKAN! Daerah Istimewa Yogyakarta tapi "mengacu pada etika swasembada melalui menyelesaikan sesuatu tanpa bantuan seorang ahli dan tanpa dibayar."). Secara harfiah berarti "melakukannya sendiri," etika DIY mempromosikan gagasan bahwa "setiap orang mampu melakukan berbagai tugas sendiri tanpa mengandalkan spesialis untuk dibayar"); makanya banyak rekaman dari band-band yang diproduksi sendiri dan didistribusikan melalui saluran informal.

Istilah "Punk" sendiri pertama kali digunakan dalam kaitannya dengan musik Rock oleh beberapa kritikus Amerika pada awal 1970-an. Pada akhir 1976, band seperti Sex Pistols, The Clash dan The Damned di London, dan Television (ini nama band, bukan tipi yang sering kita tonton), Patti Smith, dan Ramones di New York City yang diakui sebagai pelopor gerakan musik baru. Tahun berikutnya mulai terlihat Punk Rock menyebar di seluruh dunia, dan itu menjadi fenomena budaya utama di Inggris. Untuk sebagian besar, Punk berakar dalam adegan lokal yang cenderung untuk menolak asosiasi dengan mainstream. Sebuah subkultur terkait Punk muncul, mengekspresikan pemberontakan muda yang ditandai dengan gaya khas pakaian dan perhiasan (mulai dari sengaja ofensif T-shirt, jaket kulit, spike band dan perhiasan bertabur atau berduri dan S & M pakaian) dan berbagai anti ideologi otoriter.

Pada awal tahun 1980-an, lebih cepat lagi, gaya yang lebih agresif seperti Hardcore (misalnya Black Flag) dan Oi! (misalnya Cock Sparrer) telah menjadi modus yang dominan dalam Punk Rock. Musisi mengidentifikasi dengan atau terinspirasi oleh punk dan juga berbagai variasi lainnya, sehingga menimbulkan Post-Punk dan Rock Alternatif. Pada akhir abad ke-20, Punk Rock telah diadopsi oleh mainstream, seperti band-band Pop Punk seperti Green Day, The Offspring dan Blink-182 yang kemudian mengusung genre ke popularitas yang luas.

Kenapa? Sedikit ya artikelnya?

Maklum deh, namanya juga "Sekilas" hehe (m)