Tuesday, March 25, 2014

Album 'Killer' milik Jasad (Annihilate the Enemy)

   Jasad mungkin bukanlah nama besar di antara band-band Brutal Death Metal yang populer di dunia. Nah kalo di Tanah Air, so pasti para metalhead mengenal siapa mereka. Sekarang, kalo lo lagi nyari hal-hal Brutal Death Metal yang terbaik, sebaiknya lo harus mempertimbangkan Jasad buat mauk dalam daftar playlist lo.

Jasad

   Jasad, yang sekarang bukan hanya dikenal sebagai band pengusung Brutal Death Metal garda depan. Jasadadalah ikon suksesnya sebuah akulturasi antara budaya barat dan lokal. Merekalah yang meretas konvensi menyelipkan unsur budaya Sunda di antara kebrutalan dan kebisingan metal. Tak heran bila Jasad dianggap bukan hanya tonggak penting scene Bandung Underground. Jasad juga jadi tiang pancang sebuah dekonstruksi kecenderungan di mana memakai atribut budaya lokal adalah juga sebuah kebanggaan. Gue sangat setuju dengan predikat itu. Jasad, tidak layak diragukan, melalui 'Annihilate the Enemy', Jasad telah menunjukkan kepada kita semua, bahwa mereka pasti tidak dapat diabaikan.


   Alasan utama kenapa gue suka banget sama Jasad, jawabannya ada di 'Annihilate the Enemy'. Teknik vokal Jasad (Man) sudah banyak menggunakan semua yang telah digunakan oleh band-band Brutal Death Metal, seperti scream, growl, dark whistling, piggy squeal, guttural dll pokoknya kualitas dunia deh.

 Cover album 'Annihilate the Enemy'

   'Annihilate the Enemy' berisi sepuluh lagu dengan durasi kurang lebih 36 menit dan kayanya lebih dari cukup untuk memukul telinga kalian. Kalian dapat mendengar suara yang benar-benar besar dan sangat energik. Tapi jangan berharap banyak riffing melodi sini, karena di album ini Jasad tidak menawarkan itu, tetapi jika kalian ingin suara gitar yang 'total killer' dalam album ini pasti kalian dapat.

 Track pada album 'Annihilate the Enemy' :
  1. Raking the Weak (03:06)
  2. Dismember Pleasing (03:17)
  3. Binasakan Benih Bidadari (03:12)
  4. Getih Jang Getih (04:15)
  5. Annihilate the Enemy (04:26)
  6. FFF (03:40)
  7. Jemput Ajal, Cari Mati (03:39)
  8. Pathetic Unidentified Obsession (03:31)
  9. Rotten Body Fluids (02:39)
  10. Bless My Wrath (04:55)
   Album ke-2 Jasad ini di release oleh Sevared Records/USA dalam format CD yang kemudian di licence oleh Rottrevore Records/Indonesia dalam format kaset. Ya memang, band death metal kebanggaan Indonesia ini punya amunisi ampuh yang membuat darah di sekujur tubuhmu bergolak hebat dan meledak-ledak. 2 label besarpun ikut ambil bagian dalam proyek pereleasan album ini. Nilai jual tinggi yang di dukung oleh lay out cover professional sang maestro Jonzig, beliau adalah salah satu pembuat cover album arwork langganan artist death metal. 8 lagu di tambah 1 cover song dari Embalmer terbalut menjadi sebuah karya tanpa tanding. Sound gitar dengan ciri death metal Amerika menjadi senjata ampuh. Lihat saja lagu seperti Racking the Weak, Binasakan Benih Bidadari, FFF, Anihilate the Enemy, etc. Level permainan mereka setara band-band mancanegara. Tak ayal jika mereka di undang menjadi bintang tamu di 'Tokyo Death Fest' walau kabarnya batal gara-gara masalah birokrasi. Namun itu tak jadi masalah karena saat band mancanegara tour ke Indonesia, Jasad lah syarat utama yang mereka ajukan sebagai band pembuka.

   Jasad benar-benar tidak main-main untuk prepare dimana artwork-nya yg dipegang seniman kenamaan asal US, yaitu Mr. Jonzig.  Sedikit menguraikan pola kebrutalan 'Annihilate the Enemy', riff-riff  guitar terstuktur horrible juga twisting.  berpadu dengan hiper,  speed double  bass- unpredictable  pada drum  work ,  ditambah  beat-beat soft groove pada bass.  Tema-tema lirik memuncratkan tentang   rasa  amarah,  depresi, kebencian diselubungi oleh  sexual abuse dan kegilaan dimuntahkan dengan deep guttural sampai creaking juga smart scream vocal mereprentasikan  juga lewat guest vocal Andry (Imprecatory).

   Simak saja 'Dismember Pleasing', 'Binasakan Benih Bidadari', 'Getih Jang Getih', ataupun 'FFF'. Dijamin pasti jadi sadis, ganas, gila dan histeris. dengan kedahsyatan musik mereka saat ini lewat penguatan sound yang lebih dinamis dan tight. Sebuah pengkomposisian yang syarat dengan kengerian dari kesekian kali Jasad menciptakan nuansa Brutal Death Metal.

Jasad 'Annihilate the Enemy' Credits  

  • Yuli - Bass, Vocals 
  • Ferly - Guitars 
  • Man - Vocals 
  • Papap - Drums 
  • Andry - Vocals (tracks 1, 3, 9) 
  • Jonzig - Cover Art

   Buat para metalhead mesti, kudu, harus denger album ini, karena jika dihitung album ini merupakan salah satu album terbaik dari scene Death Metal Indonesia sejak masa kemunculannya.

INGAT!!! STOP DOWNLOAD dan STOP BAJAKAN!!!

Hail Brother in Metal around the world (m)

 

By Total Berisik


0 komentar:

Post a Comment