Friday, March 14, 2014

5 Band dengan karakter Vokal yang dianggap unik dan sekaligus aneh

    Mengibarkan bendera sebuah Band, perlu konsep yang matang. Dengan pilihan genre, karakter sound dan ciri khas vokalis adalah salah satu strategi yang banyak digunakan pada sebuah bang. Seorang vokalis biasanya menunjukan Trademark pada sebuah band. Namun beberapa kalangan justru karakter-karakter tersebut di anggap aneh oleh mereka (non-metal), yang kemudian kata 'Nggak Jelas' itu sering terlontar dari mereka yang tidak tau menau tentang musik metal/ rock. Berikut adalah '5 Band dengan karakter Vokal yang dianggap unik dan sekaligus aneh' :

5. Godsmack


    Sebagai band yang unsur Metalnya cukup kental, komposisi musik Godsmack memang cukup bisa dinikmati para metalhead. Gaya khas dan aneh sang vokalis Sully Erna memang menjadi salah satu andalan band ini.

    Akan tetapi, banyak juga yang menganggap gayanya sangat mirip mendiang vokalis Alice in Chains, Layne Staley. Namun begitu, ia malah dianggap tidak lebih baik dari sang mendiang.
    Terlebih lagi Sully Erna kadang terdengar seperti sedang kehabisan nafas di beberapa lagu dan sesekali mengikuti gaya bernyanyi vokalis Metallica, James Hetfield.

    Meskipun begitu, masih banyak lagu-lagu Godsmack yang mampu membuat para penggemar musik metal modern/ Metalhead bersemangat saat mendengarnya.


4. Disturbed


    Terbentuk sejak 1994, band ini memang sukses menciptakan banyak lagu dengan aransemen yang berkualitas. Gaya vokal aneh David Draiman menjadi salah satu ciri khas band ini.

    Sayangnya, beberapa pendengar musik menganggap vokal David Draiman terlalu dipaksakan di dalam band dan dianggap selalu terdengar seperti orang yang sedang marah.

    Namun, banyak penggemar berat yang merasa perpaduan unik sang vokalis David Draiman dengan personel lainnya bisa menghapus rasa marah dan sedih yang sedang melanda mereka.


3. Limp Bizkit


    Di era 2000-an Limp Bizkit berkibar. Sang vokalis Fred Durst memiliki gaya bernyanyi ala Rapper yang sangat unik. Bagi beberapa orang termasuk penggemarnya sendiri, suaranya itu masuk ke dalam kategori aneh.

    Di awal kariernya, Limp Bizkit saat pertama kali merilis lagu-lagunya, banyak pendengar awam yang mengira Fred Durst adalah penyanyi Rap yang memiliki kulit berwarna hitam.

    Meskipun banyak pendengar awam yang kurang nyaman dengan karakter unik Fred Durst saat bernyanyi, namun harus diakui jika keunikannya bersama rekan-rekannya itulah yang sukses membawa Limp Bizkit sebagai salah satu band Rap Metal terbaik.


2. Pantera


    Band Groove Metal yang dibentuk sejak tahun 1981 ini, memiliki vokalis bernama Phil Anselmo. Sebenarnya tak ada yang salah bagi para pendengar setia/ Metalhead dengan suara Phil Anselmo.

   Namun, ternyata vokal khas Phil Anselmo saat bernyanyi dianggap tidak bisa membuat para pendengar Non-Metal tertarik untuk menjadi Metalhead. Karena suara Phil Anselmo yang terlalu nyaring dan dibuat serak dianggap beberapa kalangan kurang nyaman didengar.

    Namun, aransemen musik yang dibawakan oleh Pantera dan sayatan yang khas dengan distorsi yang lembut oleh sang gitaris Dimmebag Darell  selalu membuat para penikmat metal/ Metalhead mengangguk-anggukkan kepala ketika mendengarkan lagu-lagunya.


1. Guns N' Roses


    Vokalis Guns N' Roses, yaitu Axl Rose dianggap memiliki jangkauan suara yang tinggi dan punya ciri khasnya sendiri. Grup yang alirannya termasuk ke dalam kategori Hard Rock dan Heavy Metal ini, telah menelurkan berbagai macam lagu luar biasa hingga dianggap sebagai band paling berbahaya di dunia.

    Suara khas Axl Rose sendiri dianggap sangat memukau banyak penggemarnya di akhir 1980-an hingga awal 1990-an, bahkan sampai sekarang. Akan tetapi, banyak pendengar yang menganggap gaya vokal Axl Rose sangat aneh.

    Bahkan, beberapa pendengar sempat menyatakan jika Guns N' Roses tidak diiringi sayatan gitar Slash, maka suara Axl masuk ke dalam kategori menyebalkan. Terlebih lagi, suara nyaringnya itu terlalu dibuat menghentak.

    Meskipun begitu, para penikmat musik Hard Rock dan Heavy Metal harus mengakui bahwa di eranya, tidak ada vokalis lain yang memiliki karakter seunik Axl Rose.

0 komentar:

Post a Comment