Friday, June 7, 2013

Bhinneka Tunggal Ika – JASAD Tour 2013

Bhinneka Tunggal Ika – JASAD Tour 2013
Plaza Barat Senayan, Jakarta – Minggu, 9 Juni 2013 (12.30-22.00 WIB)


Line - Up : 
Jasad, Siksakubur, Noxa, Trauma, Turbidity, Panic Disorder, Sweet As Revenge, Melody Maker, Kedjawen, Syahdat, Disversia, Grace Forward

Pre - Event :
Bakti Sosial 'Komunitas Underground Jabotabek' di Kota Tua Batavia (Sabtu, 8 Juni2013 mulai Pukul 12.30-17.00) – Kampanye Tertib Lalu Lintas

    Sarasehan Ngobrol Bareng 'Budaya Nusantara & Musik Cadas' di  warung Apresiasi Seni, Bulungan, Jakarta (Sabtu, 8 Juni 2013 mulai Pukul 18.30-20.30) Bersama : Rieke Diah, Gus Chandra, Man Jasad & Teman-teman Komunitas Underground Jabotabek

Bhinneka Tunggal Ika – JASAD Tour 2013

‘Sebuah Kampanye Persaudaraan’

Komunitas musik underground di Indonesia merupakan komunitas terbesar dan disegani di Asia dengan keanakeragaman sub-genrenya telah melahirkan sebuah semangat dan energi kreatif yang menjadi contoh bagi komunitas musik underground dinegara negara lainnya. Energi kreatif yang dilahirkan telah membentuk sel sel kreatif di hampir semua provinsi yang ada di Indonesia melalui wadah komunitas musik underground. Sel sel kreatif tersebut telah sedikit mengubah kehidupan dan cara hidup bagi para pelakunya, kemandirian dengan tidak terpengaruh oleh arus mainstream telah membuat para pelakunya menjadi sosok sosok yang militansi dalam banyak hal.

Arus media mainstream dan berbagai ideologi yang datang dari luar merupakan ancaman akan timbulnya disintegrasi dikalangan pelaku komunitas musik underground khususnya dan bangsa Indonesia pada umumnya, dengan semangat militansi yang kuat, akan dengan mudahnya diadu dombakan oleh pihak pihak asing dengan berbagai ideologinya yang berkepentingan atas bangsa ini.

Oleh karena itu, Bhineka Tunggal Ika Tour, dijadikan sebuah kampanye persaudaraan dan persatuan dikalangan pecinta musik underground di Indonesia yang sangat cukup massive perkembangannya dari tahun ketahun baik secara kuantitas maupun kualitas. Berusaha untuk mencoba mengumpulkan dan mempersatukan kembali serpihan serpihan yang terserak di berbagai daerah di bawah naungan merah putih. Meskipun selama ini komunikasi & tali silaturahmi sudah terjalin dikalangan pecinta komunitas musik underground di Indonesia, tour ini bermaksud untuk lebih mempertajam dan memperkuat atas apa yang selama ini telah dibangun.

Berawal dari Lapangan Upakarti, Soreang Kabupaten Bandung pada tanggal 9 Maret 2013 Jasad tampil ditemani Humilliation, Rockgod, dan Turbidity serta penampilan Wayang Golek oleh Dalang Opik Sunandar Sunarya.dihadiri sekitar 3.500 penonton. Dilanjut di Lapangan MAKOREM303 Garut pada tangal 22 Maret 2013 dihadiri oleh sekitar 3.300penonton, disini Jasad ditemani oleh Turbidity, Outrightdan Diferent serta penampilan Wayang Golek oleh Dalang Riswa.Kota berikutnya adalah Tasikmalaya, digelar di Lapangan Eks. Terminal Cilembang pada tanggal 24 Maret 2013 dihadiri sekitar3.000 penonton Jasad masih ditemani oleh Turbidity, Outright, dan Dirty Victory, serta penampilan Wayang Golek oleh Dalang Riswa

Dari daerah Priangan Timur Tour ini bergerak ke kota Majalengka, tepatnya di Lapangan YONIF 321 pada tanggal 29 Maret 2013 dihadiri sekitar 2.500 penonton, Jasad tampil bersama Turbidity, Beside, Demigodserta penampilan Wayang Golek oleh Dalang Riswa.Kota berikutnya adalah Indramayu pada tanggal 31 Maret 2013 diselenggarakan di Sport Centre, Bhineka Tunggal Ika Jasad Tour 2013 dihadiri sekitar 3.000 penonton, Jasad tampil bersama Turbidity, Beside serta One More Suck. Dilanjut di Lapangan Karang Pawitan kota Karawang pada tanggal 12 Maret 2013 Jasad tampil bersama Turbidity, Gugat serta Apoptosis gurectomi dihadiri sekitar 3.000 penonton.

Di kota Serang Bhineka Tunggal Ika Jasad Tour 2013 diselenggarakan di Lapangan depan Stadion Maulana Yusuf pada tanggal 18 Mei 2013 dihadiri sekitar 2.000 penonton menampilkan Go Sky Soul, Siksa Kubur, Turbidity menemani Jasad di penghujung acara. Dilanjut di Lapangan Yon Armed 13 Cikembang  Kabupaten Sukabumi pada tanggal 1 Juni 2013 dihadiri sekitar 2.500 penonton menampilkan Glebod, Gugat, Turbidity sebelum Jasad tampil.Di masing-masing titik Bhineka Tunggal Ika Jasad Tour 2013 selalu diawali oleh Social Invesment dengan melibatkan komunitas underground daerah tersebut dan sekitarnya dalam berbagi bentuk, seperti mengecat masjid, marka jalan dan membersihkan jalan di Area Soreang.khitanan masal dan donasi adalah bentuk social invesment di Garut. Membersihkan dan mengecat marka jalan serta beberapa tugu di Tasikmalaya. membersihkan serta mengecat di area  pujasera dan pembagian pin BTIoleh unsur TNI,POLRI,komunitas underground di sekitaran jalanMajalengka. di Indramayukegiatan sosial dilakukan dengan cara donor darah. Tidak kalah menarik dengan kegiatan sosial di Karawang yaitumelakukan operasi semut di sepanjang jalan by pass dan lapangan karang pawitan serta pengecatan pendoponya. Untuk wilayah Serangkegiatan sosial melakukan operasi semut di sekitaran jalan  dan alun – alun serang,pengecatan pos polisi serta pengumpulan buku bekas.Donasi serta pengecatan masjid   dan operasi semut di area lap.merdeka sebagai bentuk sosial di Sukabumi. Untuk  Area  Jakarta kegiatan Social Investment dilaksanakan di 3 (tiga) titik, yaitu jakarta di kota tua tanggal 08 juni 2013 penempatan 20 tong sampah dan operasi semut di area sekitarnya, untuk bekasi di di alun – alun kota dan depok di stasion depok baru dilakukan secara berbarengan yaitu di tanggal 09 juni 2013 dengan masing – masing menempatkan 10 tong sampah pada area titik tersebut.

Selain kegiatan Social Investment, dalam rangkaian Bhineka Tunggal Ika Jasad Tour 2013 selalu ada dialog santai di malam sebelum konser tour ini yang melibatkan para personil jasad, komunitas underground setempat  dan tokoh – tokoh dari daerah setempat. Dialog pun dikemas secara santai dan ringan agar lebih mendekatkan diantara para unsur yang terlibat, pembahasan didalam dialog ini lebih ke dalam tambahan ilmu tentang budaya di area setempat, penyampaian harapan – harapan dari para komunitas setempat kepada para tokoh – tokoh di wilayah tersebut, serta pembahasan tentang grup band jasad itu sendiri. Di dalam tour ini pun selalu diadakan Coaching Clinic dari para personel jasad di masing-masing titiknya dipandu oleh MC yang selalu menemani Soni Bebek.

Please check: www.coklatkita.com / www.rawkfriend.com


http://acara-acara.com/

1 komentar:

  1. salam kenal, terima kasih liputannya

    Soni Bebek

    ReplyDelete