Friday, November 30, 2012

Album Lawas 'Spiritual Healing' milik band legendaris (DEATH), Dirilis Ulang



   Dedengkot death metal yang satu ini, DEATH memang sudah tidak aktif lagi di dunia musik metal saat ini. Namun pada tanggal 20 November 2012 lalu, salah satu album mereka yang bertajuk 'Spiritual Healing' (sebelumnya dirilis pada tahun 1990 silam) telah dirilis ulang dalam dua CD dan ditambahkan bonus rekaman-rekaman saat mereka latihan yang belum pernah dipublikasikan sebelumnya.

  Album 'Spiritual Healing' ini sebelumnya dirilis pada tanggal 16 Februari 1990. Album ke-tiga DEATH ini, digarap di studio Morissound Recording di Tampa, Florida dan diproduseri oleh frontman DEATH, Chuck Schuldiner bersama manager mereka yaitu, Eric Greif.

 'Spiritual Healing' dianggap sebagai album DEATH yang mempertegas riff-riff khas DEATH, permainan tempo lagu dan permainan solo gitar Chuck Schuldiner. Selain memuat semua lagu di album tersebut, 'Spiritual Healing' versi rilis ulang ini juga memuat sekitar 16 track rekaman saat latihan DEATH yang belum pernah dipublikasikan sebelumnya, rekaman instrumental dan jam session saat sesi rekaman 'Spiritual Healing', di tambah lagi sebuah rekaman konser mereka pada tanggal 17 Maret 1990 yang berlangsung di New Rochelle, New York. 'Spiritual Healing' edisi re-issue ini dirilis melalui Relapse Records.


   DEATH adalah salah satu band influental dan perintis dalam perkembangan genre death metal. DEATH terbentuk pada tahun 1983 di Florida (AS), album pertama mereka yakni 'Scream Bloody Gore' 1987, dianggap sebagai dokumentasi pertama death metal menurut Allmusic. Chuck Schuldiner pun dianggap sebagai 'The Father Of Death Metal / Bapaknya Death Metal'. Pada tahun 1983/2001, DEATH telah merilis 7 buah album. Dan album terakhir yang mereka rilis adalah 'The Sound Of Perseverance' pada tahun 1998. Sayangnya karir band ini harus berakhir pada tahun 2001. DEATH memutuskan untuk bubar setelah sang frontman Chuck Schuldiner meninggal dunia akibat tumor otak yang dideritanya. Chuck Schuldiner meninggal dunia dalam usianya yang ke-34 tahun, tepatnya pada tanggal 13 Desember 2001 ia meninggal, dua tahun setelah dia terdiagnosa tumor otak. Mike Patton (Faith No More), Glen Benton (Deicide), King Diamond, Ville Valo (HIM), Trey Azagthoth (Morbid Angel) dan Max Cavalera menghadiri acara berkabung untuk mengenang Chuck Schuldiner. Sepanjang karirnya, DEATH telah menjual kurang lebih sekitar 2 juta keping album ke seluruh dunia, yang menjadikan DEATH sebagai band death metal yang paling laris albumnya di seluruh dunia, dan kemudian hanya kalah di Amerika Serikat oleh Cannibal Corpse.

0 komentar:

Post a Comment