Friday, June 21, 2013

Black Sabbath Meraih 2 Penghargaan Metal Hammer Golden Gods 2013

Tanggal 17 Juni lalu majalah musik Metal Hammer menggelar acara penghargaan bergengsi “The Golden Gods Awards” untuk memilih band metal terbaik, terpopuler, ikonik dan berbagai kategori lainnya. Band legendaris Black Sabbath berhasil menyabet 2 kategori di ajang tersebut yaitu “Best UK Band” dan “Best Album” untuk album mereka berjudul 13 yang baru saja dirilis. 

Black Sabbath foto rollingstone


Untuk melihat daftar lengkap pemenangnya, klik link ini > Metal Hammer Golden Gods 2013 All The Winners

Black Sabbath termasuk salah satu band perintis aliran heavy metal. Sepanjang karir mereka didunia musik, beberapa prestasi mengagumkan sempat diukir diantaranya dinobatkan sebagai “Greatest Metal Band of All Time” No.1 oleh MTV dan VH1 memilih Black Sabbath diposisi 2 sebagai “100 Greatest Artists of Hard Rock” setelah Led Zeppelin sementara majalah Rolling Stone memilih mereka dalam daftar “100 Greatest Artists of All Time” (posisi ke 85).

Tahun 2000 Black Sabbath berhasil meraih Grammy Awards untuk kategori “Best Metal Performance” untuk lagu “Iron Man” dan tahun 2005 meraih penghargaan UK Music Hall of Fame juga Rock and Roll Hall of Fame tahun 2006. Mereka juga termasuk band metal terlaris karena berhasil menjual 15 juta album di Inggris dan Amerika, lebih dari 70 juta album diseluruh dunia.

Black Sabbath dibentuk di Birmingham, Inggris tahun 1968 oleh gitaris Tony Iommi, basis Geeser Butler, Drummer Bill Ward dan vokalis Ozzy Osbourne. Pada saat dibentuk band ini beraliran heavy blues rock dengan nama Earth. Okultisme dan horror sering menjadi tema syairnya tapi mereka juga menciptakan lagu-lagu bertema korupsi, politik, bahaya narkoba dan ramalan kiamat serta kebiadaban perang.

Vokalis Ozzy Osbourne sempat dipecat karena kecanduan berat narkoba dan posisinya saat itu digantikan oleh Ronnie James Dio. Walau sempat bersolo karir tapi Ozzy Osbourne mampu meraih sukses karena album solonya bisa terjual hingga 10 juta copy. Pada tahun 1997 formasi orisinil band itu bersatu kembali dan mereka meluncurkan album berjudul “Reunion”.

Juni 2013 ini Black Sabbath merilis album ke 19 yang berjudul 13 dan hingga saat ini album itu merajai chart no 1 Billboard, sebagai album terlaris di Amerika dengan penjualan 155.000 saat pertama dirilis. Untuk pertama kalinya Black Sabbath berhasil meraih posisi kesatu karena selama berkarir didunia musik, Black Sabbath tidak pernah meraih posisi nomer 1 di Amerika walaupun beberapa kali masuk top 10. Jika angka 13 bagi orang lain dianggap angka sial tapi bagi Black Sabbath 13 adalah angka keberuntungan.

0 komentar:

Post a Comment