Friday, May 31, 2013

Nile (sejarah)

Nile adalah band technical death metal asal Greenville, Carolina, dibentuk pada tahun 1993. Musik dan lirik mereka yang terinspirasi oleh Mesir Kuno, mistis, sejarah, agama, seni, serta cerita dari HP Lovecraft.

Dengan formasi awal Karl Sanders (gitar/vokal), Chief Spires (bass/vocals), and Pete Hammoura (drums) merekapun Memproklamirkan diri dengan trademark mereka 'thyphallic metal' lewat album EP bertitel 'Festivals of Atonement' pada tahun 1995. Dan Nile mulai tur dengan band-band besar metal seperti Obituary, Deicide & Broken Hope

Di tahun 1997, Visceral Productions yang bertanggung jawab atas di rilisnya album EP 'Ramses Bringer of War', serta album pertamanya 'Amongst the Catacombs of Nephren-Ka'. Namun ketika sebelum merilis album pertamanya, merekapun memutuskan untuk keluar daari Visceral Productions. Dan akhirnya di rilis di bawah naungan  Relapse Records pada tahun 1998. Relapse Records memberikan Nile distribusi yang lebih luas dan kesempatan untuk tur bersama Incantation & Morbid Angel

'Black Seeds of Vengeance' di rilis pada akhir tahun 2000.  Sebelum rilis album ini, Pete Hammoura meninggalkan band karena cedera saat tur untuk The Catacombs. Akhirnya Derek Roddy menggantikan Pete Hammoura untuk menjadi drummer sesi pada semua track, kecuali 'To Dream of Ur'. Sebelum rilis album ini Dallas Toler-Wade juga telah bergabung menjadi gitaris kedua/ vokal. Stelah beberapa bulan rilis, Chief Spires memutuskan untuk meninggalkan band karena perbedaan pendapat, yang kemudian digantikan oleh Jon Vesano. Pada saat yang sama, Nile juga menemukan sosok drummer baru yaitu, Tony Laureano
Pada tahun 2002 Nile merilis album yg bertitel 'Darkened Shrines'. Dua video masing-masing dibuatkan oleh Darren Doane, "Sarcophagus" & "Execration'.
'Annihilation of the Wicked' dirilis pada tahun 2005. sebelum rekaman dimulai, drummer baru George Kollias pun menggantikan Tony Laureano. Setelah selesai merekam 'Annihilation of the Wicked', Jon Vesano juga mengundurkan diri dari band dan untuk sementara digantikan oleh Joe Payne guna tur berikutnya. Darren Doane directed video was shot for "Sacrifice Unto Sebek".

Pada bulan Mei 2006, Nile menandatangani kontrak rekaman dengan Nuclear Blast. Pada 26 Februari 2007, Nile masuk studio dan mulai merekam album kelima mereka berjudul 'Ithyphallic', rilisan pertama mereka dengan Nuclear Blast. Setelah rilis album, dan terjual 4.600 kopi, yang memungkinkan Nile untuk mendapatkan ke Billboard 200 untuk pertama kalinya, Mencapai No 162 pada tabel itu.

Pada tanggal 21 Maret 2007, Nile telah dikonfirmasi sebagai "Second Stage" untuk Ozzfest 2007. Sebuah pesan dari Karl Sanders melalui halaman profil MySpace.  Pada bulan Maret/ April 2008, Nile melanjutkan tur AS bersama Suicide Silence, The Faceless, Unexpect, & Warbringer. Pada bulan September / Oktober 2008, Nile ditetapkan pada tur Eropa bersama Grave, Omnium Gatherum and Severe Torture. Pada bulan Oktober 2008, Nile berencana untuk mengambil tur album 'Ithyphallic' mereka ke Afrika Selatan, tapi dibatalkan karena alasan yang tidak diketahui.

Pada bulan Juni 2009, Nile memasuki studio rekaman untuk mulai mengerjakan album keenam yang berjudul 'Those Whom the Gods Detest'. Album ini dirilis pada bulan November tahun 2009. Album ini terjual 3.500 kopi dalam minggu pertama rilis di Amerika, memuncak pada Nomor 160 di Billboard 200.

Pada tanggal 21 Oktober 2010, Chris Lollis telah dikonfirmasi sebagai bassist permanen baru untuk Nile, setelah empat tahun bekerja sesi dengan band.

Pada tanggal 11 Oktober 2011, Goomba Music meriliskan 'Worship the Animal' yang merupakan versi baru demo album Nile, yang asli band line-up pada tahun 1994.

Pada tanggal 4 Februari 2012, Karl Sanders mengumumkan pada halaman Facebook-nya bahwa mereka punya bassis baru, Todd Ellis, yang juga akan memberikan kontribusi vokal untuk catatan baru Nile. ia menjelaskan pada forum resmi band bahwa ia telah kehilangan kontak dengan Chris Lollis selama penulisan dan rekaman album 'At the Gate of Sethu'. Album ini dirilis pada tanggal 29 Juni, 2012 di Eropa, dan pada 3 Juli 2012, di Amerika Utara melalui Nuclear Blast record. Pada 25 Mei 2012, track kedua 'The Fiends Who Come to Steal the Magick of the Deceased' memulai debutnya di Noisecreep.

Mayoritas musik Nile ditulis oleh vokalis/ gitaris Karl Sanders. Nile menggabungkan unsur tradisional dengan technical death metal. Musik Nile juga ditandai dengan kompleksitas ekstrim dan kecepatan bit-bit yang terkenal berat.
Sebagian besar isi lirik didasarkan pada Karl Sanders 'di Mesir Kuno dan budaya kuno Timur Tengah, seperti Mesopotamia.